Gudang ilmu dan teknologi Dunia sekarang atau Masa depan

Tuesday 6 December 2016

CARA MENDAPATKAN API YG PAS /TOP PADA VESPA SECARA MANUAL




Pada post kali ini saya ingin berbagi dari pengalaman saya mengenai mencari top pada "vespa". Pertama langkah yg harus dilakukan yaitu mempersiapkan tools atau kunci yg dibutuhkan,yaitu: 1.kunci busi. 2.kunci sock 14 untuk vespa dengan ukuran kruk as kecil,kunci sock 19 untuk kruk as besar. 3.trekker untuk ukuran kruk as besar/ kecil. 4.penahan untuk membuka kipas,atau bisa menggunakan kunci "T". 5.obeng +/-. 6.alat penanda seperti tipe-x. Sekarang kita mulai untuk mencarinya. -buka penutup seluruh mesin/ tepong pada bagian mesin. -buka case/penutup blok mesin dan kipas. -buka busi/spark plug. -buka baut pada kipas. -pasang trekker pada kipas dan Tahan trekker menggunakan kunci (Pas) yg sesuai dengan ukuran trekker. -setelah kipas terbuka,lepas trekker Dari kipas. -kemudian kendurkan baut napur. -posisikan baut napur ditengah tengah Lubang pada lubang napur bagian atas. -kemudian kencangkan ketiga baut napur. -pasang (spi) kipas lalu masukan kipas Tanpa dikencangkan. -lalu putar kipas sampai piston/seher Sampai TMA (titik mati atas) /posisi Seher sampai diujung dekat dengan lubang Busi. -lalu tandai dikipas dan di rengkes Dengan tipe x atau yg lain,dengan Membuat garis lurus. -masukan busi kecangklong,Taruh ujung Busi pada body/mesin,lalu putar kipas kekiri sedikit sehingga piston dalam Keadaan titik mati tengah(TMT) -lalu putar kipas kekanan ,apabila Titik penanda direngkes dan dikipas Bertemu dan busi mengeluarkan Percikan ,berarti timing pengapian Sudah pas. -apabila belum pas,buka kembali kipas ,kendurkan ketiga baut napur dan putar Napur kekanan sedikit lalu kencangkan Lg baut napur dan pasang kipas jgn Lupa pasang spi.dan jgn dipasang baut -dan cari lagi dengan cara diputar Manual sampai busi memercik ketika Kedua penanda bertemu. -apabila belum pas,ubah kembali posisi Napur sedikit demi sedikit sampai pas. -apabila sudah ketemu/pas,kencangkan Kembali kipas dengan bautnya. -pasang busi ke blok head kembali,pasang -pasang kembali case/penutup kipas Dan blok mesin. -masukan chop/cangklong ke busi. -pasang kembali tepong. -selamat mencoba . "Karena vespa kita bersaudara"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MENDAPATKAN API YG PAS /TOP PADA VESPA SECARA MANUAL

0 comments:

Post a Comment